Survei TNP2K: 96% Peserta Menilai Kartu Prakerja Berguna

Fahmi Ahmad Burhan
11 Juli 2020, 20:56
kartu prakerja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah menyebut program tersebut bermanfaat bagi pesertanya.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melaksanakan survei terkait program kartu prakerja pada Juni 2020. Hasilnya, 96% peserta mengaku bahwa program tersebut tidak mubazir.

Direktur Ekesekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pihaknya meminta TNP2K untuk membuktikan hipotesis mengenai efektivitas program kartu prakerja. "Dihitung yang bisa mewakili sampel peserta seluruh Indonesia, email kami blast, survei itu Juni, dan kami tidak bayar ya," kata Denni dalam video konferensi pada Sabtu (11/7). 

Advertisement

Hasilnya, 96% peserta mengatakan bahwa program tersebut bermanfaat. Sebanyak 92% peserta mengatakan kartu pekerja efektif.

Sedangkan 94% program pelatihan, infrastruktur, dan fasilitas pendukung dianggap memuaskan. Selain itu, 79% pendaftar menyebut tidak mengalami kendala saat mendaftar.

Sementara itu, sebanyak 50% membutuhkan waktu saat mendaftar. "Itu karena mereka daftar di jam sibuk dan wifi jelek," katanya.

Hasil lainnya, 81% penerima kartu prakerja merupakan pencari kerja, dan 7% pelaku UMKM terdampak. Survei itu memberikan pesan elektronik atau email kepada 6.000 peserta yang mewakili sampel.

(Baca: Ganjar Ungkap Empat Masalah Terkait Program Kartu Prakerja di Jateng)

Hingga kini, ada 680 ribu penerima manfaat program kartu prakerja. Program tersebut, menurut Denni, sudah menjangkau 58% pekerja yang mengalami PHK, 35% pencari kerja, 6% pekerja yang masih bekerja, dan 1% pelaku UMKM yang terdampak Cobid-19.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement