Vaksin Corona Diproduksi 2021, Erick Thohir: Masyarakat Tetap Disiplin

Dimas Jarot Bayu
21 Juli 2020, 15:06
erick thohir, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, bumn
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Erick menyambut baik rencana Bio Farma memproduksi vaksin virus corona pada tahun depan.

PT Bio Farma (Persero) berencana memulai produksi vaksin virus corona pada 2021. BUMN tersebut bakal memproduksi 40 juta dosis vaksin per tahun setelah seluruh tahapan uji klinis selesai.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menilai hal tersebut merupakan kabar baik. Walau demikian, Erick meminta masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat jangan berasumsi ketika ada suasana yang positif, apakah itu vaksin, penyembuhan yang meningkat, sudah waktunya hidup seperti normal yang dulu, bukan seperti itu," ujar Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/7).

Menteri BUMN itu mengatakan masyarakat harus tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Upaya tersebut bakal membantu pemerintah mengendalikan virus corona.

Jika masyarakat tidak ikut serta mambantu pemerintah, upaya penanganan Covid-19 menjadi sia-sia."Vaksin ini kami pastikan akan ada, tapi saya mohon masyarakat juga disiplin supaya kami bisa terus mengantisipasi," katanya.

Lebih lanjut, Erick mengatakan, Bio Farma juga terus mengupayakan produksi obat untuk terapi penyembuhan corona. Hingga saat ini, belum ada obat dan vaksin resmi untuk menangani pasien Covid-19.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...