RI Berpeluang Tingkatkan Ekspor dengan Pulihnya Ekonomi AS dan Eropa

Rizky Alika
28 Juli 2020, 16:08
ekspor, ekonomi, amerika serikat, eropa
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Ilustrasi, aktivitas ekspor di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (24/6/2020). Pengusaha menyebut ada peluang peningkatan ekspor dari pemulihan ekonomi Amerika Serikat dan Eropa.

Kamar Dagang dan Industri atau Kadin menyatakan ada peluang peningkatan ekspor ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Pasalnya, ekonomi kedua kawasan tersebut mulai membaik meskipun kasus Covid-19 masih cukup tinggi.

"Kita harus cepat tanggap. Pemerintah juga mendorong supaya kuota ekspor meningkat," kata Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perindustrian Johnny Darmawan kepada Katadata.co.id, Selasa (28/7).

Advertisement

Menurutnya, Indonesia bisa meningkatkan ekspor bahan baku ke Eropa maupun Amerika Serikat karena data ekonomi yang posiitf. Salah satunya data purchasing managers index (PMI) Eropa yang menunjukkan level ekspansi di atas 50. Selain itu, Indonesia bisa mendorong ekspor ke negara dengan kasus Covid-19 yang rendah seperti Afrika.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Shinta Kamdani juga berharap pemulihan Eropa dan AS dapat memberikan dampak positif kepada Indonesia. "Semakin positif perkembangan pasar AS dan Eropa, semakin baik proyeksinya bagi pertumbuhan ekspor nasional ke kedua pasar tersebut," ujar Shinta.

Meski begitu, Shinta mengatakan manfaat ekonomi yang bisa didapat Indonesia tergantung pada ekspansi bisnis di AS dan Eropa, serta kepercayaan pasar kedua kawasan tersebut untuk melakukan konsumsi non-esensial. 

Selain itu, pengusaha Indonesia harus memerhatikan perubahan pola konsumsi di kedua pasar pasca Covid-19. Pasalnya, tuntutan terhadap masalah kesehatan dan masalah keberlanjutan bisnis semakin tinggi.

Hal ini juga diikuti dengan peningkatan permintaan terhadap efisiensi dan rantai pasok yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, Shinta menilai peluang tersebut tidak bisa dimanfaatkan menjadi peningkatan ekspor nasional bila tidak diikuti dengan penyesuaian kebutuhan pasar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement