Kemenperin Dorong Industri Kosmetik Manfaatkan Bahan Baku Lokal

Rizky Alika
2 Agustus 2020, 14:56
kementerian perindustrian, kemenperin, industri, kosmetik
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Ilustrasi, karyawan salah satu toko kosmetik di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Kementerian Perindustrian atau Kemenperin mendorong industri komestik menggunakan bahan baku lokal.

Kementerian Perindustrian atau Kemenperin mendorong industri kosmetik untuk memanfaatkan sumber daya alam lokal sebagai bahan baku. Sehingga impor bahan baku bisa ditekan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan langkah tersebut merupakan upaya untuk memacu substitusi impor dan mewujudkan kemandirian nasional. Apalagi, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang cukup banyak.

Advertisement

Hal itu juga sesuai amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian. "Indonesia ditargetkan bisa menjadi negara industri yang tangguh,” kata Doddy di Jakarta seperti dikutip dari keterangan pers, Minggu (2/8).

Untuk mencapai hal tersebut, Doddy mengatakan industri nasional harus memiliki struktur yang kuat, sehat, dan berkeadilan. Sehingga industri nasional bisa berdaya saing tinggi di tingkat global dengan berbasis inovasi dan teknologi.

Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (2015-2035) menyebutkan bahwa industri farmasi, bahan farmasi, dan kosmetik merupakan salah satu sektor andalan yang mendapatkan prioritas pengembangan. Sektor tersebut juga berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian di masa yang akan datang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement