Kemenag Imbau Ibadah Ramadan Dilakukan di Rumah Selama Pandemi Corona

Rizky Alika
17 April 2020, 17:55
kementerian agama, kemenag, ibadah, corona, covid-19
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.
Ilustrasi, polisi memberikan himbauan kepada warga untuk shalat di rumah saat patroli penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di salah satu masjid di kawasan Kalibata, Jakarta, Jumat (17/4/2020). Kementerian Agama menyebut Ramadan di rumah tak mengurangi kualitas ibadah.

Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan kualitas ibadah tidak akan berkurang meskipun dilaksanakan di rumah. Oleh karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat tetap berada di rumah selama Ramadan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan kualitas ibadah tidak ditentukan dari lokasi. Hal tersebut justru ditentukan berdasarkan sikap individu dalam beribadah.

Advertisement

"Ditentukan dari keihklasan, khusyuk, dan kesucian jiwa," kata Kamaruddin di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (17/4).

Ia pun meminta masyarakat untuk beribadah di rumah selama bulan puasa, termasuk salat Tarawih. Sebab, beribadah di masjid beresiko menyebarkan virus corona.

Selain itu, masyarakat diminta tidak menggelar buka puasa bersama. Masyarakat justru dapat memanfaatkan waktu berbuka puasa dengan keluarga tanpa disibukkan dengan aktivitas di luar rumah.

Ia pun menegaskan perlunya menaati ketentuan pemerintah dalam menerapkan jaga jarak (social distancing). Sebagai umat beragama, lanjut dia, perlu mengikuti anjuran pemerintah.

Kamaruddin juga mengajak masyarakat untuk berdoa agar virus corona dapat diakhiri penyebarannya. "Mudah-mudahan di rumah bisa bermunajat, memohon ampun, virus corona segera berlalu," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement