Sepinya Pelantikan Pejabat di Istana Negara Saat Pandemi Corona

Dimas Jarot Bayu
15 April 2020, 15:23
jokowi, corona, covid-19, jakarta, kpu
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melantik anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi pada Rabu (15/4) di Istana Negara. Pelantikan pejabat kali ini terpantau sepi karena pandemi corona.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria, anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dan Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4). Pelantikan pejabat kali ini terpantau sepi demi mencegah Covid-19.  

Tampak hanya sedikit tamu undangan yang menghadiri acara pelantikan ketiga pejabat tersebut. Saat pelantikan Riza, selain anggota keluarganya, pejabat yang menyaksikan pelantikan hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ketika pelantikan Raka Sandi dan Benny, hanya dihadiri Ketua KPU Arief Budiman, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Padahal, pelantikan pejabat negara biasanya dihadiri puluhan tamu undangan.

Tak hanya sepi, para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan hari ini pun harus menjaga jarak sekitar 1,5-2 meter. Mereka juga diwajibkan menggunakan masker ketika prosesi pelantikan berlangsung.

Prosedur tamu yang akan menghadiri pelantikan pejabat kali ini pun berbeda. Sebelumnya, para tamu hanya perlu menunjukkan undangan dan mengikuti prosedur pemeriksaan keamanan ketika ingin menghadiri pelantikan pejabat negara.

Namun, tamu undangan hari ini diminta untuk datang lebih awal. Pasalnya, mereka harus memeriksa suhu tubuh dan melaksanakan rapid test sebelum mengikuti proses pelantikan.

(Baca: Jokowi Resmi Lantik Riza Patria Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan kondisi tersebut terjadi karena pandemi corona. Pihak Istana, lanjut Heru, mengadakan pelantikan pejabat negara dengan mengikuti protokol pemeriksaan kesehatan Covid-19.

"Tamu sebelum masuk rapid test. Tamu semuanya pakai masker, jaga jarak, suhu badan tetap diperiksa," kata Heru pada Selasa (15/4).

Meski demikian, prosesi pelantikan tetap berjalan dengan khidmat. Acara pelantikan Riza, Raka Sandi, dan Benny diawali dengan mendengar lagu Indonesia Raya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden terkait pengangkatan ketiganya. Setelahnya, Riza, Raka Sandi, dan Benny mengambil sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Setelahnya, para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada kepada Riza, Raka Sandi, dan Benny.

Walau begitu, pemberian ucapan selamat tersebut tidak dilaksanakan dengan berjabat tangan. Pemberian ucapan selamat diberikan dengan menjaga jarak dan menangkupkan kedua tangan di depan dada.

(Baca: Jokowi Lantik Anggota KPU Pengganti Wahyu Setiawan dan Kepala BP2MI)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait