Fasilitas Gas Pertamina Terbakar, PLN: Pasokan ke PLTGU Tak Terganggu

Image title
9 April 2020, 17:27
PLN, pertaamina, migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pembangkit listrik. PLN menyebut pasokan gas terhenti karena fasilitas CPP Gundih yang dioperasikan Pertamina terbakar pada Kamis (9/4) pagi.

PLN menyebut pasokan gas ke pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Tambak Lorok tak terganggu. Meskipun terjadi kebakaran di Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih yang dioperasikan Pertamina.

Sebab, PLN masih punya cadangan energi berupa Compressed Natural Gas atau CNG. Dengan begitu, sistem listrik di wilayah Semarang dan sekitarnya aman.

Advertisement

"Saat ini ada cadangan CNG yang akan dipakai secara hemat sampai suplai Pertamina siap kembali," ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PLN Haryanto WS, Kamis (9/4).

Di samping itu, menurut dia, beban puncak kelistrikan Jawa dan Bali telah turun sebesar 11,2% menjadi 23.700 megawatt (MW) karena pandemi corona. Sehingga sistem listrik Jawa-Bali tidak akan terganggu meskipun PLTGU Tambak Lorok tidak beroperasi.

(Baca: Fasilitas Gas di Blora Terbakar, Pertamina: Tak Ada Korban Jiwa)

Sebelumnya, General Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto dalam kesempatan terpisah menceritakan kronologis kejadian. Menurut dia, informasi kebakaran di CPP Gundih didapat pada pukul 09.40 WIB.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement