PLN Jamin Pemberian Diskon Tagihan Listrik Beres Pekan Depan

PLN memberikan diskon tarif listrik secara bertahap. BUMN itu optimistis prosesnya selesai pada 11 April 2020.
Image title
2 April 2020, 16:41
PLN, listrik
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi, logo Perusahaan Listrik Negara. PLN tengah menyelesaikan proses pemberian diskon tarif listrik kepada 24 juta pelanggan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

PLN berusaha menyelesaikan pemberian diskon tarif listrik kepada pelanggan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. BUMN itu pun optimistis prosesnya selesai pada pekan depan. 

Presiden Jokowi telah memutuskan untuk menggratiskan tagihan listrik kepada 24 juta pelanggan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% kepada 7 juta pelanggan bersubsidi 900 VA. Banyaknya jumlah pelanggan tersebut membuat proses pemberian insentif tarif listrik tak otomatis selesai 1 April 2020.

Selain itu, pelanggan yang menggunakan token juga cukup banyak. Sehingga membutuhkan waktu untuk memproses pemberian diskon.

"Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik memang bertahap. Sudah dimulai pada 1 April 2020 dan paling lambat 11 April 2020 seluruh pelanggan sudah bisa menikmati program tersebut," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan tertulis pada Kamis (2/4).

Advertisement

(Baca: Kementerian ESDM: Arus Kas PLN Macet Karena Diskon Tarif Listrik)

Lebih lanjut Made menjelaskan mekanisme untuk mendapatkan diskon tarif listrik. Untuk pelanggan 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni 2020. Sedangkan pelanggan subsidi 900 VA pascabayar akan langsung mendapatkan diskon 50% pada reknening listrik tiga bulan ke depan.

Untuk pelanggan pra bayar 450 VA dapat memperoleh listrik gratis dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke Whatsapp dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Untuk pelanggan 900 VA bersubsidi yang menggunakan token akan mendapat diskon 50% dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Adapun mekanisme untuk mendapatkan diskon untuk pelanggan yang menggunakan token sebagai berikut: 

Pelanggan mengakses www.pln.co.id. Kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung memilih stimulus Covid-19. Selanjutnya, memasukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

Kemudian token gratis akan ditampilkan pada layar. Pelanggan cukup memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Pelanggan juga bisa mengirimkan pesan berisi ID Pelanggan ke nomor 08122-123-123. Nantinya pelanggan akan mendapatkan token gratis.  Kemudian, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 

(Baca: Ini Mekanisme Pemberian Diskon & Tagihan Listrik Gratis Pelanggan PLN)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait