PLN Jamin Pemberian Diskon Tagihan Listrik Beres Pekan Depan

Image title
2 April 2020, 16:41
PLN, listrik
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi, logo Perusahaan Listrik Negara. PLN tengah menyelesaikan proses pemberian diskon tarif listrik kepada 24 juta pelanggan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

PLN berusaha menyelesaikan pemberian diskon tarif listrik kepada pelanggan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. BUMN itu pun optimistis prosesnya selesai pada pekan depan. 

Presiden Jokowi telah memutuskan untuk menggratiskan tagihan listrik kepada 24 juta pelanggan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% kepada 7 juta pelanggan bersubsidi 900 VA. Banyaknya jumlah pelanggan tersebut membuat proses pemberian insentif tarif listrik tak otomatis selesai 1 April 2020.

Advertisement

Selain itu, pelanggan yang menggunakan token juga cukup banyak. Sehingga membutuhkan waktu untuk memproses pemberian diskon.

"Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik memang bertahap. Sudah dimulai pada 1 April 2020 dan paling lambat 11 April 2020 seluruh pelanggan sudah bisa menikmati program tersebut," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan tertulis pada Kamis (2/4).

(Baca: Kementerian ESDM: Arus Kas PLN Macet Karena Diskon Tarif Listrik)

Lebih lanjut Made menjelaskan mekanisme untuk mendapatkan diskon tarif listrik. Untuk pelanggan 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni 2020. Sedangkan pelanggan subsidi 900 VA pascabayar akan langsung mendapatkan diskon 50% pada reknening listrik tiga bulan ke depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement