Medco Mulai Eksplorasi Panas Bumi untuk PLTP Blawan Ijen

Medco berharap proyek panas bumi di Jawa Timur itu bisa menghasilkan energi untuk PLTP Blawan Ijen yang berkapasitas 110 MW.
Image title
Oleh Febrina Ratna Iskana
2 April 2020, 11:48
medco, listrik, panas bumi, eksplorasi, pembangkit listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo Medco Energi. Anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbl, Medco Power Indonesia, memulai tajak sumur eksplorasi di proyek panas bumi Blawan Ijen.

Medco Power Indonesia memulai pengeboran sumur eksplorasi panas bumi di Jawa Timur. Proyek tersebut diharapkan bisa menghasilkan energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas 110 megawatt. 

Dalam tahap eksplorasi, perusahaan berencana mengebor empat sumur. Pelaksanaan pengeboran bakal dikerjakan anak usaha Medco Cahaya Geothermal (MCG).

Pengeboran dua sumur pertama ditargetkan mencapai kedalaman 2.500-3.000 meter dan berlangsung sampai akhir 2020. Dengan target tersebut, perusahaan berharap PLTP unit 1 Blawan Ijen bisa beroperasi secara komersial pada 2022-2023.

Direktur Utama Medco Power Eka Satria mengatakan tajak sumur ini menandakan kelanjutan pengembangan PLTP ramah lingkungan. Sebelumnya, Medco mengembangkan proyek PLTP Sarulla berkapasitas 330 MW di Tapanuli Utara.

(Baca: Sempat Berhenti Operasi, Medco Energi Kembali Alirkan Gas dari Blok A)

"Kegiatan pengeboran ini sebagai kelanjutan dari hasil pengeboran dua sumur slim hole yang dilaksanakan sebelumnya," ujar Eka dalam siaran pers pada Rabu (2/4).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Publik (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengapresiasi langkah Medco dalam mengembangkan energi terbarukan. Apalagi pemerintah menargetkan bauran energi dari energi baru terbarukan mencapai 23% pada 2025.

"PLTP di Blawan Ijen menjadi bagian dari usaha kita mencapai bauran energi EBT," ujar Agung.

Medco Cahaya Geothermal merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia dengan Ormat Geothermal Power yang telah memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PLN untuk jangka waktu 30 tahun.

(Baca: Usai Rugi, Medco Energi Raih Laba Rp 269,8 Miliar di Kuartal III 2019)

Video Pilihan

Artikel Terkait