Ini Mekanisme Pemberian Diskon & Tagihan Listrik Gratis Pelanggan PLN

Image title
1 April 2020, 16:13
esdm, pln, listrik
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi, warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Kementerian ESDM menyebut pelanggan yang menggunakan token listrik langsung menerima kode voucher dari PLN untuk mendapatkan diskon listrik.

Presiden Joko Widodo memutuskan memberi diskon hingga menggratiskan tagihan listrik bagi pelanggan tak mampu di tengah pandemi corona. Kementerian ESDM pun langsung menyiapkan mekanisme pemberian insentif tersebut.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan untuk pelanggan 450 VA pasca bayar akan langsung mendapatkan tagihan listrik gratis selama tiga bulan. Begitu juga dengan pelanggan 900 VA subsidi pasca bayar yang langsung mendapatkan diskon 50% dalam tagihan listrik hingga Juni 2020.

Diskon tagihan dihitung berdasarkan pemakaian bulan sebelumnya. "Misalnya tagihannya Rp 200 ribu, bayarnya cukup Rp 100 ribu, mulai hari ini bayarnya sudah 50%. Ini berlaku selama tiga bulan ke depan," ujar Rida dalam video conference pada Rabu (1/4).

(Baca: Pernyataan Lengkap Jokowi soal Perppu Penyelamatan Ekonomi dari Corona)

Sedangkan untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA subsisi prabayar yang menggunakan token akan mendapatkan kode voucher. Perhitungan voucher berdasarkan pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir, mulai Januari, Februari, hingga Maret 2020.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...