Bersama G20, RI Jaga Pasokan Obat-obatan untuk Lawan Virus Corona

Rizky Alika
31 Maret 2020, 13:00
kemendag, virus corona
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Ilustrasi, kotak berisi obat Chloroquine. Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan negara anggota G20 menjaga perdagangan barang dan jasa, termasuk pasokan obat-obatan untuk melawan pandemi corona.

Pemerintah bersama negara anggota G20 Sepakat bekerja sama menghadapi penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menjaga arus barang dan jasa, terutama pasokan obat-obatan vital untuk Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri Perdagangan Negara-negara G20 mengenai pandemi corona. Pertemuan tersebut dilaksanakan secara virtual, Senin (30/3) malam.

"Ini merupakan respons cepat dari G20 terhadap pandemi global Covid-19, dengan menjamin kelancaran arus barang dan jasa terhadap kegiatan perdagangan internasional," kata Agus seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (31/3).

Menurutnya, kerja sama global diperlukan untuk menangani dampak ekonomi dari virus corona. Kepemimpinan G20, lanjut dia, diperlukan dalam mengembalikan kepercayaan terhadap perekonomian global dan perdagangan internasional.

“Pandemi corona jadi tantangan global yang semakin sulit untuk ditangani secara individual," ujar dia.

(Baca: WHO Bakal Minta Dukungan Dana dan APD Atasi Corona di KTT G20 Virtual)

Pertemuan virtual para Menteri Perdagangan G20 tersebut digagas oleh Arab Saudi sebagai Presidensi G20 pada 2020. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan mengenai pentingnya G20 memberikan sinyal kepercayaan yang kuat terhadap perekonomian global.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...