Pemerintah Minta Masyarakat Tak Borong Klorokuin untuk Cegah Corona

Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2020, 17:32
virus corona
Antara
Ilustrasi, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto saat menggelar konferensi pers. Yurianto meminta masyarakat tidak memborong klorokuin untuk mencegah virus corona.

Pemerintah menyebut klorokuin bisa digunakan untuk mengobati pasien terinfeksi virus corona. Biarpun begitu, pemerintah meminta masyarakat tidak memborong obat tersebut. 

Pasalnya, klorokuin bukan digunakan untuk mencegah terinfeksi Covid-19. “Klorokuin merupakan obat untuk penyembuhan, bukan untuk pencegahan. Tidak perlu masyarakat membeli dan menyimpannya,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3).

Advertisement

Selain itu, Yurianto menilai klorokuin merupakan obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Sebab, penggunaannya harus dengan pengawasan tenaga kesehatan.

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa menggunakan obat tersebut secara bebas. Yurianto lantas meminta masyarakat mengubah persepsi atas obat klorokuin.

“Kami mohon tidak ada persepsi yang salah. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong membeli dan menyimpannya di rumah,” kata Yurianto.

(Baca: Sebesar 60% Kasus Kematian Akibat Virus Corona Terjadi di Jakarta)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement