Jubir Presiden: Tes Semua Menteri Negatif Corona, kecuali Budi Karya

Jubir Presiden Fadjroel Rachman menyebut kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya yang positif virus corona terus membaik.
Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2020, 11:56
virus corona
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Jubir Presiden Fadjroel Rachman mengatakan hanya Menteri Perhubungan Budi Karya yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan hampir seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju telah dinyatakan negatif dari virus corona. Hanya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah dinyatakan terjangkit Covid-19.

Fadjroel mengatakan informasi itu diterimanya setelah para menteri melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar dinyatakan bebas dari penyakit tersebut.

Selain para menteri, Fadjroel menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istrinya, Iriana negatif, dinyatakan negatif terinfeksi virus corona. “Hampir semua menteri (dinyatakan negatif corona) kecuali Pak Budi dan anggota keluarga beliau,” kata Fadjroel dalam wawancara di radio MNC Trijaya, Sabtu (21/3).

Fadjroel pun menyebut kondisi kesehatan Budi hingga saat ini terus membaik. Dia lantas meminta doa agar Budi bisa segera diberikan kesembuhan.

Advertisement

(Baca: Mantan Pejabat Senior Ditjen Pajak dan Komisaris Bukalapak Meninggal)

Apalagi, Fadjroel menilai Budi merupakan sosok yang berada di garda terdepan ketika penyelamatan WNI dari Wuhan, Tiongkok, serta kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess. 

“Beliau yang berada di garis depan, sehingga tahap pertama yang terkena Pak Budi Karya dan terdampak positif,” kata Fadjroel.

Sebelumnya, pandemi corona telah menjangkit ke lingkup presiden. Budi dinyatakan terinfeksi corona pada Sabtu (14/3).

Budi diketahui sempat mengikuti beberapa kali rapat bersama dengan Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju sebelum dinyatakan positif virus corona. Dia terpantau datang ke Istana untuk mengikuti rapat internal pada 3 Maret 2020. 

Dia juga hadir pada rapat terbatas pada 4 dan 11 Maret 2020. Pada 11 Maret 2020, Budi duduk berdampingan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

(Baca: Kontak dengan Pasien Positif, 700 Ribu Warga RI Terancam Kena Corona)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait