Mendagri Instruksikan Aparat Tindak Tegas Pelaku Kekerasan di Papua

Image title
10 Maret 2020, 15:22
Kementerian Dalam Negeri, Papua
ANTARA/HO-Humas Polda Papua
Ilustrasi, sebanyak 1.572 warga mengungsi akibat teror yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di sekitar Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Senin (9/3). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta aparat menindak tegas okum KKB.

Kementerian Dalam Negeri meminta aparat keamanan, TNI dan Polri, menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sering melancarkan aksi teror dan kekerasan di Papua. Hal itu perlu dilaksanakan jika pendekatan dialog atau soft approach melalui tokoh-tokoh masyarakat tidak dihiraukan.

Apalagi masyarakat sudah meminta diungsikan ke wilayah yang lebih aman."Seandainya soft approach tidak bisa dilaksanakan dan mereka melanggar hukum apalagi sampai ada yang meninggal, kami harus bertindak tegas," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (10/3).

Advertisement

Pemerintah pun sudah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari unsur TNI dan Polri untuk mengamankan wilayah Papua, khususnya daerah-daerah rawan seperti area tambang PT Freeport Indonesia. Upaya ini telah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Daerah Mimika.

"Langkah berikutnya yaitu yang diamankan agar difasilitasi oleh Pemda Mimika dan kami sudah berkomunikasi," kata dia.

(Baca: Ribuan Pengungsi Warga Tembagapura Memperpanjang Daftar Teror di Papua)

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw meminta dukungan masyarakat Papua agar dapat memberantas KKB. Sebab, KKB sering membaur dengan warga lokal agar tidak mudah dideteksi keberadaannya oleh aparat.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement