Harga Minyak Anjlok, Harga BBM BP-AKR Bisa Turun Bulan Depan

AKR menyebut harga BBM dihitung berdasarkan formula harga minyak MOPS dengan rata-rata 15-30 hari. Dengan begitu, harga BBM AKR-BP bisa turun bulan depan.
Image title
9 Maret 2020, 11:38
AKR, AKRA, BBM, harga minyak
AKR Corporindo
Ilustrasi, SPBU AKR BP di Subaraya pada Senin (21/10/2019). PT AKR Corporindo Tbk atau AKRA menyebut harga minyak yang anjlok pada Maret 2020 bisa membuat harga BBM turun pada bulan depan.

Harga minyak mentah dunia pada awal pekan ini turun drastis. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) bersama mitranya BP pun siap menurunkan harga BBM.

Menurut Direktur AKR Suresh Vembu, pihaknya menentukan harga harga BBM berdasarkan formula harga yang merujuk pada Mean of Platts Singapore (MOPS). MOPS yang digunakan berdasarkan harga rat-rat adalam 15 hari atau 30 hari.

Jika rata-rata harga MOPS pada Maret 2020 turun, maka harga BBM juga ikut turun. "Dengan harga minyak rata-rata Maret turun, maka harga BBM per 1 April bisa turun," kata Suresh ke Katadata.co.id pada Senin (9/3).

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) pada 10.46 WIB turun 30,96% menjadi US$ 28,5 per barel. Sedangkan harga minyak jenis Brent turun 28,72% menjadi US$ 32,27 per barel.

Penurunan harga minyak dipengaruhi keputusan Arab Saudi memangkas harga jual untuk periode April ke semua tujuan dari US$ 6-8 per barel. Selain itu, Arab Saudi berencana menggenjot produksi minyak menjadi lebih dari 10 juta barel per hari (BPH) pada April 2020.

(Baca: Harga Minyak Dunia Anjlok, AKR: Tak Berdampak pada Profitabilitas)

Keputusan Arab Saudi tersebut dipengaruhi langkah Rusia yang menolak penambahan pemangkasan produksi dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Padahal, rencana OPEC itu diprediksi bisa mengangkat harga minyak yang terus turun sejak penyebaran virus corona.

Di sisi lain, AKR-BP melalui perusahaan patungan PT Aneka Petroindo Raya (APR) menjual BBM jenis BP 90, BP 92, dan BP95. APR telah memiliki 14 SPBU di Pulau Jawa.

Sembilan SPBU tersebar di Jabodetabek dan Jawa Barat, yaitu SPBU di Ciater Raya Pamulang Tangerang Selatan, De Latinos Serpong, Jababeka Holywood Cikarang, Cibubur Transyogi Jakarta Timur, Bintaro Emerald Tangerang Selatan, dan Mendrisio Paramount Gading Serpong.

Ada pula SPBU BP-AKR di Telukjambe Karawang Barat, Kota Harapan Indah Boulevard Bekasi, dan Metland Cyber City Tangerang, dan Rest Area KM 72A Tol Cipularang. Selain itu, AKR-BP membuka empat SPBU di Kota Surabaya yang tepatnya berlokasi di Gubeng Raya, Kertajaya Indah, Pemuda, dan Margorejo Indah.

(Baca: AKR Kembali Salurkan Solar Subsidi Mulai Tahun Depan)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait