SKK Migas: Pertamina Bisa Produksi 1 Juta BOPD jika Percepat Investasi

Image title
28 Februari 2020, 10:00
pertamina, skk migas, produksi minyak
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas memberikan paparan dalam acara Sarasehan Migas Nasional ke dua dengan tema "Tren Terkini, Peluang dan Terobosan Industri Migas Indonesia Akses Pendanaan Bagi Industri Hulu Migas Indonesia" di Wisma Utama, Jakarta (10/10/2019). Dwi menyebut Pertamina bisa mempercepat investasi agar target satu juta barel minyak per hari dapat tercapai pada 2026

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi atau SKK Migas optimistis target produksi minyak satu juta barel per hari (bopd) bisa dicapai pada 2026. Asalkan, Pertamina bisa mempercepat investasi di hulu migas. 

Menurut Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, target produksi minyak satu juta bopd dapat dicapai jika progam kerja yang disusun dapat terlaksana dengan baik. Namun, Pertamina belum menjabarkan skenario untuk mencapai target tersebutkepada SKK Migas.

"Boleh jadi kalau investasi dipercepat, itu kan kewenangan masing-masing korporasi. Tapi kami melihat, mengkalkulasi, dari aspek program yang achievable," ujar Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (27/2).

Selain itu, Dwi menjelaskan target satu juta barel minyak tidak hanya menjadi beban Pertamina. Target tersebut merupakan pencapaian bersama dengan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) lainnya.

(Baca: Meleset dari Target Luhut, Pertamina: 1 Juta BOPD Tercapai pada 2026)

"Satu juta barel ini kan tergantung dari seberapa investasi yang bisa dikeluarkan masing masing KKKS," kata Dwi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...