Shell Proyeksi Permintaan LNG Naik Hingga 700 Juta Ton pada 2040

Image title
20 Februari 2020, 18:42
shell, lng
Katadata
Ilustrasi, maket floating LNG milik Shell. Shell merilis data proyeksi pertumbuhan permintaan LNG. Perusahaan asal Belanda itu memproyeksi permintaan LNG bakal terus naik hingga 700 juta ton pada 2040.

Shell LNG Outlook 2020 menyatakan permintaan gas alam cair atau LNG secara global akan terus meningkat hingga mencapai 700 juta ton pada 2040. Hal itu lantaran gas menjadi salah satu energi rendah karbon.

Kawasan Asia menjadi wilayah dominan dalam beberapa dekade mendatang. Terutama permintaan dari Asia Selatan dan Asia Tenggara yang terus meningkat.

Shell juga menyatakan permintaan LNG global pada tahun lalu tumbuh 12,5% menjadi 359 juta ton. “Pasar LNG global terus berkembang pada 2019, dengan meningkatnya permintaan untuk LNG dan gas alam di sektor listrik dan non-listrik,” ujar Integrated Gas and New Energies Director at Shell Maarten Wetselaar dalam keterangan tertulis, Kamis (20/2).

Adapun kawasan Eropa menyerap sebagian besar pertumbuhan pasokan LNG di tahun lalu lantaran harga yang kompetitif karena pengalihan batu bara menjadi gas di sektor listrik dan pengganti produksi gas domestik yang menurun serta impor gas pipa.

(Baca: Kejar Produksi 2026, Pembangunan Blok Masela Dipercepat Tahun Depan)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...