Jokowi Lantik Rektor UIN Sunan Kalijaga Sebagai Kepala BPIP

Jokowi juga melantik Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala BPKP.
Dimas Jarot Bayu
5 Februari 2020, 16:31
jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (kiri) dan istri, disaksikan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh (kedua kanan) seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Yudian Wahyudi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2). Jokowi melantik Yudian bersama dengan Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Muhammad Yusuf Ateh pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sedangkan Yudian merupakan lulusan Harvard yang saat ini menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yudian menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPIP sebelumnya, yakni Hariyono yang pernah menjadi pimpinan sementara setelah Yudi Latief mengundurkan diri pada Juni 2018 lalu. Ketika itu, Yudi Latief menganggap perlu ada pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan BPIP.

Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi memiliki alasan khusus memilih Yudian sebagai Kepala BPIP. Yudian dianggap mampu menjalankan fungsi BPIP.

Advertisement

"Yang bersangkutan dianggap pantas untuk memimpin lembaga tersebut dalam upaya pembinaan ideologi Pancasila," kata Fadjroel.

(Baca: Yudian Wahyudi, Santri dan Lulusan Harvard yang Jadi Kepala BPIP)

Prosesi pelantikan Yudian diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 12/P tahun 2020 tentang Pengangkatan Kepala BPIP tertanggal 23 Januari 2020. Sedangkan Yusuf dilantik melalui Keppres Nomor 29/TPA tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Utama di Lingkungan BPKP tertanggal 30 Januari 2020.

Kemudian, Yudian dan Yusuf mengambil sumpah jabatan. Hal tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi diikuti Yudian dan Yusuf.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Kemudian, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Yudian dan Yusuf.

Dalam kesempatan ini turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju. Tampak pula Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, serta Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan.

(Baca: Berkantor di Natuna, Terawan Tetap Rapat dengan Jokowi di Jakarta)

 

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait