Pertamina Berencana Beli Hak Partisipasi Chevron di Blok Rokan

Image title
23 Januari 2020, 18:15
Pertamina, Chevron, Blok Rokan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, Gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020). Pertamina berencana membeli hak partisipasi Chevron di Blok Rokan.

Pertamina berniat membeli hak partisipasi Chevron Pacific Indonesia di Blok Rokan. Padahal, kontrak Chevron akan berakhir pada tahun depan dan diambil alih Pertamina.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor beralasan pembelian hak partisipasi tersebut bakal memudahkan langkah Pertamina berinvestasi di Blok Rokan. Secara hukum, perusahaan pelat merah tersebut baru dapat masuk ketika kontrak Chevron berakhir pada 2021.

"Keuntungannya jika Pertamina ada di dalam sebelum hand over, kami bisa mengetahui secara mendalam tentang permasalahan yang ada, bisa men-drive investasi apa saja yang dibutuhkan, serta langkah-langkah strategis apa yang kami siapkan termasuk pendanaan," kata Tajudin ke Katadata.co.id pada Kamis (23/1).

Dengan begitu, Pertamina berharap dapat meningkatkan produksi Blok Rokan. Pasalnya, Blok Rokan yang tergolong blok migas uzur memiliki tingkat penurunan produksi yang cukup besar.

(Baca: SKK Migas Harap Negosiasi Transisi Blok Rokan Rampung Akhir Januari)

"Untuk lapangan-lapangan yang sudah cukup lama berproduksi umumnya terjadi natural decline sekitar 20-25%. Jika tidak diantisipasi dan beroperasi as it is, maka diprediksi produksi akan menurun secara alami. Untuk itu diperlukan investasi dan langkah-langkah baru untuk menahan penurunan sekaligus berusaha meningkatkan," ujarnya.

Lebih lanjut Tajudin mengatakan pihaknya telah mengajukan rencana pembelian saham Blok Rokan kepada Chevron. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut belum memberikan respon.

"Nanti akan dibicarakan lagi banyak hal terkait ini. Belum sampai pada keputusan Chevron menerima atau tidak, tapi kami akan memulai pembicaraan atas penawaran ini," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...