Holding BUMN Tambang Siapkan Belanja Modal Rp 25 Triliun Tahun Ini

Image title
20 Januari 2020, 17:28
inalum, bumn, pertambangan
PT Antam Tbk
Ilustrasi, aktivitas peleburan nikel di pabrik feronikel PT Antam Tbk. Holding BUMN Tambang menyiapkan belanja modal hingga Rp 25 triliun pada tahun ini.

Holding BUMN Pertambangan Mind ID yang dipimpin PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) siap menggelontorkan dana sebesar Rp 25 triliun pada tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan enam proyek strategis.

Proyek tersebut terdiri dari PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) di Tanjung Enim berkapasitas 2x620 megawatt (MW) dengan target operasi 2022, dan pabrik ferronickel Halmahera Timur di Tanjung Buli oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berkapasitas 13.500 ton nikel per tahun dengan target operasi 2020.

Advertisement

Kemudian, Smelter Grade Aluminasi Refinery oleh Inalum-Antam di Mempawah berkapasitas 1 juta ton per tahun dengan target operasi 2022, dan pabrik Gasifikasi batu bara menjadi DME oleh PTBA, Pertamina, dan Air Product di Peranap berkapasitas 1,4 juta ton per tahun DME dengan target operasi 2022.

Ada juga proyek pabrik Gasifikasi batu bara menjadi DME di Tanjung Enim dengan target operasi di kuartal pertama 2023. Produksi yang dihasilkan 570 ribu ton per tahun urea, 450 ribu ton per tahun polipropilen, dan 400 ribu ton per tahun DME.

Terakhir, pembangunan smelter tembaga oleh PT Freeport Indonesia berkapasitas 2 juta ton per tahun dengan target operasi pada 2023. Direktur Utama Inalum Orias Petrus Moedak mengatakan pembangunan smelter yang menelan dana hingga US$ 3 miliar itu dalam tahap persiapan lahan seluas 100 hektar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement