Jokowi akan Relokasi Rumah Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Dimas Jarot Bayu
7 Januari 2020, 15:15
Jokowi, bencana alam, banjir
ANTARA FOTO/Rajendra Aqila
Presiden Joko Widodo (tengah) mengunjungi daerah terdampak longsor dan banjir bandang di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020). Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta warga terdampak bencana alam berupa banjir dan longsor untuk mau direlokasi ke lokasi baru yang ditetapkan pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk merelokasi rumah warga yang berada di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rumah-rumah tersebut terdampak bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor.

BNPB mencatat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Sukajaya membuat 4.146 warga mengungsi. Selain itu, ada 776 rumah warga yang mengalami kerusakan.

Kepala Negara memerintahkan agar rumah warga dipindahkan ke lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang berada dua kilometer dari lokasinya semula. Hal tersebut sesuai dengan usulan Lurah Sukajaya.

“Tadi sudah sampaikan masyarakat yang terkena longsor untuk mau direlokasi,” kata Jokowi di Lebak, Banten, Selasa (7/1).

Nantinya, Kementerian PUPR akan membangun rumah untuk warga korban bencana banjir dan longsor. “Jadi akan langsung diselesaikan kementerian PUPR untuk perumahannya,” kata Jokowi.

(Baca: Banjir Bandang di Lebak, Jokowi Minta Penambangan Emas Ilegal Disetop)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...