PLN Antisipasi Padam Listrik pada Malam Pergantian Tahun

Image title
31 Desember 2019, 19:18
PLN, Listrik Mati, tahun baru
ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Ilustrasi, sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan jaringan listrik tegangan tinggi di Cipocok, Serang, Banten, Sabtu (20/7/2019). PLN mencegah pemadaman listrik selama perayaan tahun baru 2020.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengantisipasi terjadinya listrik mati pada malam pergantian tahun. Perusahaan setrum pelat merah tersebut memastikan pasokan listrik cukup selama tahun baru 2020.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan konsumsi listrik memang cenderung turun menjelang tahun baru. Namun, bakal meningkat setelah pergantian tahun. 

Advertisement

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan beberapa langkah startegis untuk mengamankan pasokan listrik. "PLN terus menjaga infrastruktur dan mengidentifikasi tempat keramaian untuk tahun baru, di setiap titik itu mendapat perhatian khusus," ujar Darmawan di PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Selasa (31/12).

Pihaknya juga mencoba berbagai simulasi dan skenario untuk menjaga pasokan listrik cukup bagi masyarakat. Salah satunya simulasi penyaluran listrik melalui jaringan transmisi utara dan selatan pulau Jawa untuk memastikan pasokan di wilayah Jawa bagian barat dan tengah dapat dipenuhi oleh pasokan listrik dari pembangkit di wilayah timur pulau Jawa.

(Baca: Sepuluh Peristiwa Paling Menyedot Perhatian Publik Sepanjang 2019)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement