Jokowi Harap Tol Pertama di Kalimantan Percepat Akses ke Ibu Kota Baru

Dimas Jarot Bayu
17 Desember 2019, 14:35
Jokowi, jalan tol, ibu kota baru
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo (tengah) berjalan usai meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di KM 38, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jokowi berharap jalan tol di Kalimantan dapat mempercepat akses ke ibu kota baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda. Jalan tol pertama di Kalimantan tersebut diharapkan dapat mempercepat akses masuk ke ibu kota baru yang berada di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Ruas tol yang diresmikan Jokowi ini mulai dari seksi II hingga IV yang terbentang sepanjang 53,8 kilometer dari total 99,3 kilometer. Seksi II menjalar dari Samboja ke Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer.

Seksi III berada di Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer. Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda. 

“Dengan mengucap bismillahirahmannirahim, saya resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi II, III, dan IV,” kata Jokowi di depan gerbang Tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). 

Jalan tol tersebut akan menyambungkan dua bandara, yakni Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan. Targetnya, jalan tol itu bisa mulai disambungkan dengan kawasan ibu kota baru pada 2020. 

“Betul-betul tersambung antara Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota,” kata Jokowi.

(Baca: Temui Tokoh Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Bangun Ibu Kota Baru)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...