Mahfud MD: Pemerintah Akan Sentralisasi Pembangunan Papua

Agatha Olivia Victoria
17 Desember 2019, 13:42
Mahfud MD, Papua
ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) bersama Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo (kiri) berdialog dengan tokoh masyarakat Papua di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (30/11/2019). Mahfud MD menyebut pemerintah akan membuat program sentralisasi pembangunan Papua.

Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD menyatakan pemerintah ingin membuat program sentralisasi pembangunan Papua. Dengan begitu, seluruh kementerian secara bersama-sama terlibat pembangunan wilayah paling timur Indonesia tersebut. 

Anggaran yang digunakan pun bakal diambil dari masing-masing pos kementerian. "Kami akan membangun Papua secara holistik dan komprehensif, karena kalau setiap kementerian punya program yang berbeda-beda, itu tak ada gunanya," kata Mahfud di Jakarta, Selasa (17/12).

Advertisement

Untuk menyukseskan program tersebut, pemerintah akan menerbitkan aturan hukum yang baru. "Karena Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2017 sudah akan berakhir," ujarnya.

Adapun dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan di Wilayah Papua dan Papua Barat, seluruh program pembangunan untuk Papua diinstruksikan kepada 25 kementerian secara terpisah. 

(Baca: Mahfud MD Akui Sulit Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM Masa Lalu)

Saat ini pemerintah menetapkan lima fokus dalam pembangunan Papua, yaitu infrastruktur, sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan masyarakat. Terkait perkembangan pemekaran wilayah Papua, Mahfud menjelaskan rencana tersebut dalam proses inventarisasi.

"Kemungkinan dalam waktu yang tidak lama akan dibicarakan. Iya atau tidaknya itu tergantung Menteri Dalam Negeri," ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement