Menteri KKP Izinkan Ekspor Benih Lobster, Faisal Basri Duga Ada Mafia

Agatha Olivia Victoria
11 Desember 2019, 07:10
Kementerian Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, Faisal Basri, lobster
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Polisi menunjukkan barang bukti saat ungkap kasus perdagangan benih Lobster ilegal di Polda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/12/2019). Faisal Basri menduga ada sindikat mafia dalam kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengizinkan ekspor benih lobster.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo berencana membuka kembali ekspor benih lobster. Kebijakan tersebut sebelumnya dilarang oleh Susi Pudjiastuti.

Menanggapi hal itu, Ekonom Nasional Faisal Basri menduga ada sindikat mafia dalam rencana kebijakan tersebut. Pasalnya, kebijakan ekspor benih lobster tak masuk akal.

Advertisement

"Belum dua bulan kabinet, larangan ekspor benih lobster dicabut. Sudah gila ini," ujar Faisal saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (10/12).

Faisal menjelaskan benih lobster dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga lobster yang sudah dewasa. Padahal, lobster merupakan salah satu potensi ekspor yang besar.

(Baca: Pengusaha Dukung Menteri Edhy Rombak Kebijakan Susi yang Tak Efektif)

Oleh karena itu, ekspor benih lobster seharusnya dilarang. "Telur-telur lobster itu nanti rusak. Itu kan di alam, masa tidak peduli laut kita rusak lagi," ucap dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement