AS - Tiongkok Setuju Batalkan Tarif Dagang dalam Kesepakatan Fase I

Image title
8 November 2019, 08:44
perang dagang, amerika serikat, tiongkok
Akarat Phasurat/123RF.com
Ilustrasi, bendera Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Kedua negara setuju membatalkan tarif dagang dalam kesepakatan fase pertama.

Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menarik kembali kebijakan tarif dagang kedua negara. Pelaksanaan kesepakatan tersebut berlaku jika fase pertama perundingan dagang selesai.

Kementerian Perdagangan Tiongkok, tanpa menyebut jadwal pelaksanaanya, menyatakan kedua negara telah sepakat untuk membatalkan pemberlakuan tarif secara bertahap. Pejabat AS mengonfirmasi kebijakan tersebut masuk fase pertama yang akan ditandatangani oleh Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Advertisement

Jika kesepakatan sementara selesai dan ditandatangani, ini termasuk pembatalan tarif yang rencananya diberlakukan pada 15 Desember 2019 terhadap US$ 156 miliar barang impor Tiongkok, termasuk ponsel, laptop, dan mainan.

Namun pakta kesepakatan dagang belum selesai dibuat. Pejabat AS mengatakan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan ketika Trump mengumumkan rancangan sementara kesepakatan dagang pada bulan lalu.

Di sisi lain, Juru Bicara Menteri Perdagangan Tiongkok Gao Feng menyatakan pembatalan tarif dagang merupakan kondisi yang sangat penting dalam kesepakatan. Kedua pihak harus membatalkan pemberlakuan tarif dagang untuk mencapai kesepakatan fase pertama.

"Kedua pihak telah sepakat untuk membatalkan tambahan tarif dalam tahapan yang berbeda, sejalan dengan keberlajutan diskusi," ujar Gao  seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (8/11)

Juru Bicara Departemen Pembendaharaan AS dan Pejabat Pedagangan AS tidak berkomentar terhadap pernyataan tersebut. Namun Politisi Partai Republik mendesak Trump untuk mengikat pembatalan tarif dengan elemen kesepakatan yang spesifik.

"Tarif seharusnya diterapkan satu per satu yang diikuti oleh Tiongkok," ujar salah satu sumber kongres Partai Republik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement