Baru Capai 60%, Investasi Sektor ESDM Hingga September Rp 277 Triliun

Image title
30 Oktober 2019, 21:36
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat investasi hingga triwulan ketiga 2019 mencapai US$ 19,8 miliar atau sekitar Rp. 277 triliun. Kontribusi terbesar berasal dari subsektor migas senilai US$ 8,1 miliar, disusul subsektor ketenagalistrikan sebesar US$ 7,4 miliar. 

Sedangkan sektor mineral dan batubara menyumbang investasi sebesar US$ 3,3 miliar dan energi baru terbarukan sebesar US$ 1 miliar. Biarpun begitu, realiasi investasi baru mencapai 60% dari target tahun ini sebesar US$ 33 miliar atau sekitar Rp 462 triliun.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan Kementerian ESDM beserta pemangku kepentingan berusaha mencapai target tersebut. "Realisasi investasi biasanya mengikuti S-curve. Investasi akan kami pacu agar bisa lebih cepat. Sesuai arahan Bapak Menteri ESDM,  kami diminta agar bekerja lebih cepat, cermat dan produktif," ujar Agung dalam keterangan tertulis pada Rabu (30/10).

Pasalnya, sektor ESDM sangat strategis dalam mendorong perekonomian nasional. Makanya Kementerian ESDM bakal berusah amembuat iklim investasi semakin bergairah dan kondusif bagi investor.

(Baca: Menteri ESDM Arifin Tasrif Bakal Fokus Benahi Defisit Migas)

Salah satu caranya dengan memangkas 186 perizinan. Diharapkan upaya tersebut mampu mempercepat dan mempermudah proses investasi di sektor ESDM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...