SKK Migas Desak Pertamina dan Chevron Sepakati Transisi Blok Rokan

Image title
24 Oktober 2019, 18:27
Dwi Soetjipto, SKK Migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas meminta Pertamina dan Chevron segera menyepakati transisi Blok Rokan agar produksi blok tersebut tak turun ketika alih kelola pada 2021.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berharap Pertamina dan Chevron Pacific Indonesia segera bersepakat terkait transisi Blok Rokan. SKK Migas pun menargetkan kesepakatan tersebut dapat rampung pada akhir November 2019.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto SKK Migas perlu menyusun program kerja dan anggaran atau work program & budgeting (WP&B) Blok Rokan. Makanya SKK Migas berharap proses kesepakatan terkait transisi Rokan bisa segera rampung.

"Nanti mana kala ini sudah, kami akan minta tambahan dari Pertamina, apa yang akan mereka kerjakan," kata Dwi.

Pertamina berencana mengebor banyak sumur di Blok Rokan. Namun Dwi belum bisa merinci berapa jumlah sumur yang bakal dibor oleh perusahaan plat merah tersebut.

"Besar. Mudah-mudahan awal November kami bisa input kira-kira tambahan dari Pertamina berapa mengebornya tahun depan," ujarnya.

(Baca: Hingga September, Lifting Migas Hanya Capai 89% dari Target APBN)

Pertamina memang harus segera investasi untuk menjaga keandalan produksi Blok Rokan. Dengan begitu, Pertamina bisa mempertahankan produksi Blok Rokan ketika alih kelola dan tidak mengulangi penurunan produksi seperti yang terjadi di Blok Mahakam. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...