Akhir Masa Jabatan, Sejumlah Menteri Ekonomi Pamitan Sambil Minum Teh

Sejumlah menteri ekonomi yang hadir adalah Darmin Nasution, Basuki Hadimuljono, Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Rudiantara, dan Hanif Dhakiri.
Image title
Oleh Rizky Alika
18 Oktober 2019, 17:54
Sri Mulyani, Darmin Nasution
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (kanan) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) saat pembukan perdagangan 2019 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1/2019). Menjelang akhir masa jabatan, sejumlah menteri mengadakan acara perpisahan.

Sejumlah menteri ekonomi dalam Kabinet Kerja menggelar acara perpisahan dengan awak media. Acara perpisahan tersebut diawali dengan upacara minum teh di taman Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Upacara minum teh tersebut dipandu oleh ahli upacara minum teh. Teh yang disajikan merupakan teh oolong yang berasal dari Bengkulu. Selain itu, ada pula teh kelas premium Indonesia yaitu teh Twinning.

"Kami akan minum teh yang dieskpor ke Inggris. Hanya disajikan ke Ratu Inggris di sana," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat membuka acara di Jakarta, Jumat (18/10).

Dalam acara tersebut, terdapat sejumlah menteri di bawah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Tampak hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

(Baca: Wakili Menteri di Depan Jokowi, Sri Mulyani: Maaf Kami Suka Ndablek)

Turut hadir pula sejumlah pejabat eselon di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sejumlah menteri juga turut memaparkan kinerjanya selama lima tahun terakhir.

Salah satunya Darmin yang menceritakan pengalamannya selama memimpin Kementerian Kordinator Perekonomian. Ia menceritakan pengalamannya saat memimpin rapat dengan para menteri.

Ia  mengakui, sejumlah menteri memiliki perilaku yang berbeda-beda. Sebagai Menteri Kordinator Perekonomian, dia pun dituntut untuk bersikap bijak saat menghadapi masalah dalam rapat. "Koordinasi memang susah. Menko harus wise," ujar Darmin.

(Baca: Berpamitan, JK Beri Selamat kepada Menteri yang Kembali Masuk Kabinet)

Reporter: Rizky Alika

Video Pilihan

Artikel Terkait