Menteri Perdagangan Targetkan Ekspor Nonmigas 2019 Tumbuh 8%

Rizky Alika
16 Oktober 2019, 18:06
Enggartiasto Lukita, Kemendag
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan ekspor non migas tahun ini sebesar 8%.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan ekspor non migas tahun ini mencapai US$ 175,8 miliar. Angka tersebut tumbuh 8% dibandingkan capaian tahun lalu sebesar US$ 162,65 miliar.

Ekspor tahun ini difokuskan pada enam sektor, yaitu mebel dan produk kayu, makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik, dan kimia dasar. Meski begitu, ekspor pada industri lainnya juga terus didukung oleh pemerintah.

Advertisement

Pasalnya, ekspor non migas didorong untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tahun ini. "Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,2% dengan berbasis pada ekspor dan investasi," kata Enggar dalam Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Rabu (16/10).

Kementerian Perdagangan (Kemendag)  pun berupaya meningkatkan ekspor dengan membuat perjanjian perdagangan dengan negara tradisional dan non tradisional. Dengan perjanjian tersebut, tarif ekspor yang diperoleh dapat lebih rendah sehingga produk Indonesia bisa lebih kompetitif.

Selama 2016-2019, pemerintah telah menyelesaikan perjanjian perdagangan bilateral dengan Korea, Italia, Eropa, dan Chili. Selain itu, perjanjian dagang juga telah diselesaikan dengan Hongkong dan Jepang.

(Baca: Kemendag Cabut Izin Satu Importir Tekstil Nakal)

Ke depan, Kemendag akan terus mendorong kerja sama perdagangan dengan 15 mitra dagang. Seluruh kerja sama tersebut ditargetkan bisa selesai dalam tiga tahun mendatang.

Di sisi lain, peningkatan ekspor juga didorong dengan misi dagang dan business matching. "Jadi tak hanya mempromosikan tapi langsung merealisasikan transaksi perdagangan dan investasi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement