Pertamina Cari Mitra untuk Bangun Dua Proyek Green Refinery

Image title
9 Oktober 2019, 17:12
Pertamina, kilang
Katadata
Ilustrasi, kilang Pertamina. Pertamina menargetkan memiliki tiga proyek kilang ramah lingkungan (green energy).

Pertamina tengah mencari mitra buntuk proyek Green Refinery (Kilang Ramah Lingkungan). Sebab, perusahaan plat merah tersebut berencana membangun minimal tiga proyek green refinery.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan green refinery yang akan dikembangkan oleh perseroan bakal berada di Indonesia bagian barat, tengah dan timur. "Kami bikinnya kan bukan cuma satu, nanti kan harus ada di Indonesia bagian barat, tengah dan timur, jadi kami terbuka," kata Nicke di Jakarta Convention Center, Rabu (9/10).

Advertisement

Sejauh ini Pertamina telah mendapatkan satu mitra, yakni Eni, untuk membangun satu green refinery  di kilang Plaju untuk wilayah Indonesia Barat. Proyek tersebut dalam proses desain. "Sedang finalisasi tahap desain," ujar Nicke.

Kerja sama Pertamina dan Eni ditandai dengan penandatanganan tiga kesepakatan di Roma, Italia, pada Rabu (30/1). Dua kesepakatan berkaitan dengan pengembangan green refinery, yakni Head of Joint Venture Agreement (kesepakatan awal pembentukan perusahaan patungan) dan Term Sheet CPO Processing (Pemrosesan Minyak Sawit).

(Baca: Pertamina dan Aramco Belum Sepakat, Proyek Kilang Cilacap Mandek)

Kesepakatan lain yang diteken oleh Nicke dan Chief Executive Officer (CEO) ENI Claudio Descalzi kala itu yakni nota kesepahaman mengenai circular economy, low carbon products, dan renewable energy. Penandatanganan kesepakatan disaksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement