Sebut Demonstran Sabotase Pemerintah, DPR: Mahasiswa Tak Wakili Rakyat

Rizky Alika
5 Oktober 2019, 15:32
Demonstrasi Mahasiswa, DPR
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Aksi demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR/MPR RI, Jakarta (23/9). Politis Nasdem Teuku Taufiqulhadi menyebut aksi demonstrasi mahasiswa mampu menyabotase kebijakan pemerintah.

Anggota Dewan Pakar Partai Nasdem sekaligus Anggota DPR periode 2014-2019 Teuku Taufiqulhadi mengatakan demonstran mudah menyabotase kebijakan pemerintah. Hal ini terjadi lantaran mahasiswa dengan mudah turun ke jalan.

Padahal menurutnya, mahasiswa tidak mewakili suara rakyat. "Mahasiswa klaim dirinya rakyat. Padahal itu hanya parsial. Ini mudah sekali kebijakan disabotase oleh orang yang turun ke jalan," kata dia dalam diskusi Perppu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Sabtu (5/10).

Lebih lanjut Taufiq mengatakan DPR adalah wakil rakyat yang telah dipilih berdasarkan hasil pemilu. Wakil rakyat tersebut menyusun peraturan sesuai dengan suara rakyat.

Anggota DPR pun telah berkonsultasi dengan masyarakat ketika masa reses. Ini artinya, wakil rakyat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selain itu, anggota DPR tidak bisa sembarangan membuat aturan atas keinginannya sendiri. Komunikasi juga dilakukan dengan anggota partai.

"Jadi dalam konteks undang-undang, DPR melihat dari segi kualitas," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...