Presiden Jokowi Minta TNI Adopsi Teknologi Baru

Image title
5 Oktober 2019, 11:19
TNI
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Prajurit Marinir TNI AL meneriakkan yel-yel dalam Gladi Bersih HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019). HUT ke-74 TNI diperingati pada Sabtu 5 Oktober 2019 dengan mengangkat tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.

Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga pesan kepada prajurit TNI. Salah satunya adalah harus beradaptasi dan mampu mengadopsi teknologi baru.

"Prajurit TNI masa depan harus miliki kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru, serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista dalam negeri," kata Jokowi dalam upacara peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10).

Hal kedua yang disampaikan Presiden adalah prajurit TNI tidak boleh terjebak oleh egosentris matra. Kepala Negara meminta prajurit TNI harus dapat bersinergi dengan kementerian dan lembaga dalam membangun negara.

"Ketiga, prajurit TNI wajib menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat melalui operasi bakti dan program tentara manunggal membangun desa," kata Jokowi.

Advertisement

(Baca: Persiapan HUT TNI, Penerbangan Pesawat Komersil di Halim Terganggu)

Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pejabat TNI dan jajaran pejabat pemerintah. Sejumlah tokoh yang disebutkan oleh Presiden Jokowi, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. 

Selain itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Aji, serta Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna.

"Kontribusi bapak-bapak serta jajaran TNI sungguh sangat berarti bagi perjalanan negeri ini menjadi bhayangkari bangsa dan negara dalam menegakkan NKRI dan mengawal kemajuan Indonesia tercinta. Dirgahayu TNI!" ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi Belum Teken Revisi UU KPK, Alasannya Banyak Salah Ketik )

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement