Kuota Solar Subsidi Bakal Habis November, Truk Diminta Pakai BBM Umum

Image title
27 September 2019, 21:11
BPH Migas, solar subsidi
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, mesin SPBU yang menjual solar. BPH Migas memproyeksi kuota solar subsidi akan habis pada November 2019.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan kuota solar subsidi akan habis pada akhir November 2019. BPH Migas pun meminta pengguna truk mengunakan solar non subsidi.

Biarpun asosiasi pengguna truk telah meminta BPH Migas mencabut larangan tersebut. Komite BPH Migas Sumihar Pandjaitan mengatakan jenis mobil tangki BBM, mobil tangki CPO, dump truck, truck trailer, truk gandeng, dan mobil molen (pengaduk semen) tetap dilarang menggunakan solar bersubsidi.

Advertisement

Menurut Sumihar, pengguna truk telah mendapatkan pasokan solar subsidi sejak Januari hingga September. Hal tersebut yang menyebabkan kuota subsidi solar habis sebelum akhir tahun.

"Kami minta partisipasinya lah, sudah menikmati dari Januari hinga Oktober. Terus kami bikin edaran ini mbok ya eman-eman ," ujar Sumihar saat ditemui di Gedung JCC, Jumat (27/9).

(Baca: Tak Jual Solar Bersubsidi, AKR Corporindo Berbisnis Hingga Berseni)

Apalagi BPH Migas telah memutuskan tidak akan menambah kuota solar subsidi tahun ini. Sebab, pemerintah tidak membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun ini. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement