Kelas Menengah Membengkak, Jokowi Minta Antisipasi Revolusi Konsumen

Dimas Jarot Bayu
16 September 2019, 14:10
Jokowi
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5). Jokowi mengatakan akan terjadi revolusi konsumen pada 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai akan terjadi revolusi konsumen di Indonesia pada 2020. Hal ini ditandai dengan meningkatnya masyarakat kelas menengah di Tanah Air.

Jokowi memproyeksi jumlah masyarakat kelas menengah pada tahun depan bakal naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan lima tahun lalu. Jumlah masyarakat kelas menengah pada 2014 mencapai sekitar 70 juta.

“Tahun 2020 di Indonesia akan ada 141 juta penduduk yang naik kelas,” kata Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9).

Jumlah sebaran masyarakat kelas menengah juga akan semakin merata. Jokowi memperkirakan ada 54 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki lebih dari 500 ribu penduduk kelas menengah.

Padahal, lima tahun lalu hanya ada 25 kabupaten/kota yang memiliki lebih dari 500 ribu penduduk kelas menengah. “Artinya meningkatnya dua kali lebih,” kata Jokowi.

(Baca: Apakah Pelaku Pasar Acungkan Jempol untuk Jokowi-JK?)

Dengan naiknya jumlah masyarakat kelas menangah, maka pola konsumsi di Indonesia bakal semakin meningkat hingga terjadi revolusi konsumen. Atas dasar itu, Jokowi meminta para pengusaha untuk mengantisipasi hadirnya revolusi konsumen yang dimulai pada 2020.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...