Putra Sulung Habibie: Bapak Meninggalkan Dunia dengan Rasa Cinta

Dimas Jarot Bayu
12 September 2019, 16:12
B.J.Habibie
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
FOTO DOKUMENTASI. Mantan presiden BJ Habibie menunjukan foto dirinya bersama pesawat hasil karyanya N-250 'Gatotkaca' di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu (24/7/2016). Habibie meninggal pada Rabu (11/9) petang dan dimakamkan pada hari ini. Putra sulung Habibie, Ilham Akbar Habibie mengatakan sang ayah meninggal dunia dengan penuh cinta.

Putra sulung Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie menilai ayahnya telah meninggalkan dunia ini dengan penuh cinta. Menurut Ilham, rasa cinta itu punya makna yang besar dalam hidup Habibie.

Ilham mengatakan, salah satu bentuk cinta Habibie adalah perjuangannya untuk Indonesia. Ilham mencontohkan perjuangan itu ditunaikan melalui pengembangan teknologi dan industri di Tanah Air.

Advertisement

Habibie, kata Ilham, juga memperjuangkan demokrasi dan Islam di Indonesia. “Agar ditunjukkan kepada dunia bahwa keduanya kompatibel,” kata Ilham saat proses pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

(Baca: Jokowi: Selamat Jalan Mr. Crack)

Lebih lanjut, Ilham mengatakan bentuk cinta Habibie juga terlihat dari hubungannya dengan sang istri, Hasri Ainun Besari. Ilham bercerita, Habibie tak pernah lupa mendoakan Ainun sejak kematiannya sembilan tahun lalu.

Sang teknokrat juga selalu menyempatkan diri berkunjung ke makam Ainun setiap Jumat. Bahkan karena rasa cintanya, Habibie ingin dimakamkan di sebelah Ainun, sebagaimana yang terlihat dalam pemakamannya hari ini.

Habibie diketahui dimakamkan di kavling M120. Pusara Habibie berada di sebelah kiri makam Ainun, tepatnya kavling M121.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement