Jokowi: Selamat Jalan Mr. Crack

Dimas Jarot Bayu
12 September 2019, 15:29
B.J.Habibie, Jokowi
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
FOTO DOKUMENTASI. Presiden Joko Widodo (kanan) mendengarkan penjelasan dari Presiden ke-3 RI BJ Habibie (kedua kiri) mengenai industri penerbangan didampingi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (kedua kanan) saat mengunjungi stan pameran National Innovation Forum 2015 di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Senin (13/4/2015). BJ Habibie meninggal pada Rabu (11/9/2018) dan dimakamkan pada hari ini di Taman Makam Pahlaman, Jakarta. Presiden Jokowi memberikan penghormatan ter

Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kamis (12/9). Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta ribuan pelayat yang hadir memberikan penghormatan terakhir saat sang teknokrat memasuki pusara.

Menurut Jokowi, seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Habibie. Sebab, Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Advertisement

“Selamat jalan, Mr. Crack. Selamat jalan sang pionir,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Habibie merupakan negarawan sejati. Habibie juga seorang inspirator dan ilmuwan yang meyakini kecerdasan tanpa cinta itu berbahaya.

Selain itu, sosok Habibie pula lah yang mengingatkan bahwa ilmu, iman, dan taqwa harus bersatu. “Dia adalah suri tauladan anak bangsa,” kata Jokowi.

(Baca: Ini Pesawat Karya BJ Habibie, Mr. Crack Dunia Penerbangan )

Habibie juga dinilai sebagai sosok visioner sejak muda. Sebab, pria kelahiran Pare-pare, Sulawesi Selatan, pada 25 juni 1936 itu tak hanya berpikir mengenai dirinya sendiri, namun juga bangsa Indonesia.

Habibie tak pernah berpikir tentang apa yang terjadi saat ini di Indonesia. “Tapi sudah berpikir dan bekerja membangun Indonesia untuk 50-100 tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menilai banyak industri strategis lahir dari visi Habibie. Habibie juga lah yang merancang pesawat Gatotkaca N250, pesawat yang berhasil mengudara saat 50 tahun kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, kehadiran pesawat tersebut merupakan sejarah yang menginspirasi Indonesia untuk selalu percaya diri. “Untuk menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Mendiang BJ Habibie)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement