PLN Sebut Listrik di Jayapura Mulai Normal Kembali

Image title
29 Agustus 2019, 22:07
Papua, PLN
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Mobil Water Canon kepolisian berusaha memadamkan api yang membakar bangunan saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). PLN mulai menormalkan sistem kelistrikan di Jayapura. PLN sempat memadamkan listrik setelah terjadi kebakaran di sejumlah titik di Jayapura.

PT PLN (Persero) menyatakan sistem kelistrikan di sejumlah wilayah Jayapura, Papua yang sempat padam sudah berangsur normal. Hanya dua wilayah yang masih mengalami pemadaman listrik

Sistem kelistrikan di dua wilayah yang masih padam berasal dari dua penyulang dengan kapasitas 3 MW, yakni penyulang Maleo dan Merak. "Kedua penyulang tersebut mengalami putus penghantar, petugas saat ini sedang mempersiapkan material agar bisa dilakukan perbaikan," kata Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan resmi pada Kamis (29/8).

Selain itu, petugas tetap siaga untuk terus menjaga dan memastikan pasokan listrik warga lancar. PLN mencatat beban total sistem kelistrikan di Jayapura mencapai sekitar 75 MW yang berasal dari 40 penyulang. 

(Baca: Jokowi Imbau Masyarakat Papua Tetap Tenang dan Tak Anarkistis)

Sebelumnya, Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Ahmad Rofik menyatakan pihaknya harus melakukan pemadaman listrik di Jayapura, Papua. Sebab, terjadi kebakaran di sekitar Kantor Telkom Jayapura setelah aksi demostrasi massa pada Kamis (29/8) siang tadi.

PLN akan kembali menyalakan listrik di Jayapura jika sudah tidak ada kebakaran.  "Bila bangunan yang terbakarnya sudah padam, kami akan segera hidupkan," kata Ahmad ke Katadata.co.id pada Kamis (29/8). 

Ahmad menyebut faktor keamanan menjadi alasan pemadaman listrik di Jayapura. "Semua sistem PLN masih normal operasi, kecuali di lokasi yang terbakar saja untuk pengamanan," ujar Ahmad.

PLN pun terus melakukan pengecekan penyulang di sekitar Kantor Telkom Jayapura yang terbakar. Pengecekan dilakukan sebagai upaya penormalan listrik di Jayapura.

(Baca: Jokowi Bakal Evaluasi Pendekatan Keamanan di Papua)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...