Konversi Utang, Kepemilikan Saham Pemerintah di Tuban Petro Jadi 95,9%

Rizky Alika
22 Agustus 2019, 20:42
kemenkeu, kilang
Pertamina
Ilustrasi, kilang TPPI. Dengan konversi utang, kepemilikan saham pemerintah di Tuban Petro menjadi 95,9%.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengkonversi multi years bond (MYB) PT Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro) menjadi saham pada tahun ini. Dengan demikian, kepemilikan saham pemerintah di Tuban Petro naik dari 70% menjadi 95,9%. 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan, rencana konversi utang tersebut telah dimasukkan dalam Undang Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. "Kalau sudah ada UU, masa kami tidak berusaha mematuhinya? Kami berusaha patuhi sekuat tenaga," kata Isa usai rapat koordinasi di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Pemerintah akan memproses pengalihan saham secara hati-hati melalui kajian dan evaluasi terlebih dahulu. Rencana pengembangan perusahaan juga akan disesuaikan dengan kondisi makro.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries Sukriyanto mengatakan dengan konversi tersebut, Tuban Petro masih menyisakan utang sebesar Rp 700 miliar dari jumlah utang saat ini senilai Rp 3,2 triliun. Sisa utang tersebut akan diangsur selama 10 tahun ke depan.

(Baca: Pertamina Akan Jadikan TPPI Pusat Bisnis Petrokimia)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...