Temui Jokowi, Anies Sebut Transjakarta Bakal Pakai Bus Listrik

Michael Reily
13 Agustus 2019, 13:51
jokowi, anies baswedan, mobil listrik
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menemui Jokowi membahas penggunaan kendaraan listrik untuk bus Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (13/8). Anies melaporkan perkembangan kendaaraan listrik sebagai alat transportasi umum.

Anies menjelaskan, DKI Jakarta punya rencana untuk menggunakan kendaraan listrik untuk bus Transjakarta. Namun skema pengadaan bus listrik tidak langsung dilakukan Transjakarta, tetapi dilakukan oleh perusahaan swasta. Nantinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membayar jasa perusahaan swasta yang melakukan trayek bus listrik untuk Transjakarta.

Advertisement

Ibu Kota Indonesia pun sudah punya tiga bus listrik yang telah beroperasi sejak Maret 2019. Menurut Anies, bus listrik lebih nyaman untuk penumpang karena lebih ramah lingkungan. "Tidak ada suara mesin, tidak ada polusi," katanya.

Dia menambahkan, pendapat masyarakat yang menggunakan bus listrik seperti naik mobil golf yang tak berbunyi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun bakal mengembangkan penggunaan bus listrik lebih banyak lagi.

Terkait insentif untuk penggunaan kendaraan listrik, Anies mengatakan masih dalam pembahasan dengan Pemerintah Pusat. "Itu teknis detail dengan Presiden Jokowi," ujar Anies di Kompleks Istana Kepresidenan setelah bertemu Jokowi.

(Baca: Perpres Mobil Listrik Ditandatangani, Toyota Siap Kembangkan Industri)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement