Operasi Proyek Tangguh Train III Tertunda ke 2021 karena Bencana Alam

Image title
20 Juli 2019, 07:30
proyek tangguh train III, skk migas
@kementerianesdm
Ilustrasi, proyek Tangguh di Papua. Sebelumnya proyek Tangguh Train III ditargetkan beroperasi pada kuartal III 2021.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyampaikan jadwal produksi proyek Tangguh Train III akan mundur dari target pada kuartal III 2020. SKK Migas memproyeksi proyek Tangguh Train III akan mulai beroperasi pada kuartal III 2021.

Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menjelaskan, ada sejumlah faktor yang membuat proyek tersebut mulai berproduksi pada kuartal III 2021. Salah satu faktornya adalah keterlambatan pengiriman material yang berasal dari Sulawesi dan Jawa.

Advertisement

"Kilang LNG yang tadinya onstream kuartal III 2020, dengan schedule yang baru, kemungkinan besar baru onstream kuartal III 2021," ujar fatar dalam Konferensi Pers di Gedung SKK Migas, Jumat (19/7).

Menurut Fatar, keterlambatan tersebut disebabkan oleh gempa dan tsunami yang mengguncang Palu beberapa waktu lalu. Ditambah dengan erupsi anak Gunung Krakatau yang membuat pasokan material terhambat.

"Saat gempa Palu itu supplai agregat batu batuan terhambat juga cukup lama. Kemudian karena kejadian erupsi anak Krakatau juga sebabkan keterlambatan pengiriman material ke Papua," ujarnya.

(Baca: Mulai 2020, 84 Kargo LNG Tangguh Diekspor ke Singapura)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement