Kementerian ESDM Buka Lelang Migas Tahap Tiga Pekan Depan

Image title
15 Juli 2019, 20:52
lelang blok migas, kementerian esdm
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, lelang migas tahap III 2019 akan dilakukan dengan mekanisme lelang reguler.

Pemerintah akan kembali membuka lelang wilayah kerja migas. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, pemerintah akan memulai lelang migas tahap III 2019 pada pekan depan.

Ada tiga wilayah kerja baru yang akan dilelang oleh pemerintah. Namun, Arcandra enggan mengungkapkan nama tiga wilayah kerja tersebut. "Insyaallah, kami targetkan minggu depan. Tunggu saja minggu depan," kata dia, saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (15/7).

Arcandra mengatakan, lelang akan dilakukan dengan mekanisme reguler. Rencana lelang tersebut kelanjutan dari roadshow yang dilakukan oleh Kementerian ESDM dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) di beberapa negara, seperti Singapura, Hong Kong, dan Australia.

"Kami undang calon investor dan kami umumkan serta presentasikan mengenai potensial wilayah kerja di area Indonesia," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetijipto, kepada Katadata.co.id, beberapa waktu lalu.

(Baca: Pemerintah Promosikan Tujuh Blok Migas ke Perusahaan Asing)

SKK Migas sudah memetakan 10 wilayah kerja potensial. Salah satunya adalah Blok Sakakemang yang dikelola oleh Repsol. Blok Sakakemang memiliki cadangan gas hingga 2 triliun kaki kubik (TCF). Blok migas ini termasuk dalam area giant discovery dan merupakan temuan cadangan gas terbesar keempat di dunia sepanjang 2018-2019.

Selain Blok Sakakemang, area potensial lainnya berlokasi di Sumatera Utara (Mesozoic Play), Sumatera Tengah (Basin Center), Sumatera Selatan (Fractured Basement Play), Offshore Tarakan, NE Java-Makassar Strait, Kutai Offshore, Buton Offshore, Northern Papua (Plio-Pleistocene & Miocene Sandtone Play), Bird Body Papua (Jurassic Sandstone Play), dan Warim Papua.

Selain lelang tahap tiga, Kementerian ESDM saat ini juga sudah melangsungkan lelang WK migas tahap II. Dalam lelang tahap II terdapat empat WK yang dilelang, yaitu terdiri dari satu wilayah kerja eks produksi yaitu West Kampar dan tiga wilayah kerja eksplorasi, yaitu West Ganal, Kutai, dan Bone.

Sebelumnya, Wilayah kerja West Kampar dan West Ganal masuk dalam lelang tahap I, namun gagal mendapatkan pemenang. Saat ini proses lelang tahap II dalam proses penyampaian dokumen penawaran yang akan berlangsung hingga akhir Agustus 2019.

(Baca: Pertamina Incar 2 Wilayah Kerja Migas di Lelang Tahap II 2019)

Reporter: Fariha Sulmaihati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait