Selangkah Lagi, Inpex Serahkan Revisi PoD Blok Masela Pekan Ini

Penandatanganan PoD Blok Masela ditargetkan bisa terlaksana pada akhir Juni 2019.
Image title
19 Juni 2019, 15:05
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan President Direktur Inpex Indonesia Shunichiro Sugaya menandatangani Head of Agreement (HOA) Pengembangan Blok Masela disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko
SKK Migas
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan President Direktur Inpex Indonesia Shunichiro Sugaya menandatangani Head of Agreement (HOA) Pengembangan Blok Masela disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko, dan CEO dan Presiden Direktur Inpex Corporation Takayuki Ueda di Jepang pada Minggu (16/6).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Inpex Corporation segera menyampaikan revisi rencana pegembangan (PoD) Blok Masela. Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM Hufron Asrofi bahkan menyebut Inpex akan menyerahkan revisi PoD pada pekan ini.

Revisi PoD Blok Masela akan diajukan oleh Inpex kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk dievaluasi. Setelah itu, SKK Migas menyerahkan revisi PoD Blok Masela ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) untuk diteliti sebelum diajukan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Hufron yakin proses persetujuan revisi PoD Blok Masela bisa segera selesai. "Diteliti Ditjen Migas, kalau oke disetujui Menteri. Itu bisa cepat," ujar Hufron saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Rabu (19/6).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto juga menyebutkan Inpex bakal menyerahkan revisi PoD Blok Masela pada pekan ini. Dengan begitu, penandatanganan PoD Blok Masela bisa terlaksana pada akhir Juni 2019. "Bulan ini persetujuannya Menteri, sudah termasuk proses dari SKK Migas," ujar Dwi.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Tetapkan Lokasi Kilang LNG Masela, Ada Risiko Mafia Lahan)

Sebelumnya, Inpex dan SKK Migas telah menandatangani pokok-pokok kesepakatan (HoA) pengembangan Blok Masela di Karuizawa, Jepang, pada Minggu lalu. Specialist Media Relation Inpex Corporation, Moch N. Kurniawan mengatakan HoA ini merupakan dasar pengembangan proyek LNG Abadi Masela yang selanjutnya akan dituangkan dalam revisi rencana pengembangan Blok Masela.

"Bersamaan dengan penyerahan dokumen revisi PoD ke pemerintah Indonesia, Inpex juga berencana mengajukan perpanjangan kontrak 20 tahun dan amandemen production sharing contract," kata Iwan kepada Katadata.co.id, Minggu lalu.

Inpex berharap pemerintah Indonesia bisa segera memproses proposal rencana pengembangan Blok Masela. Dengan begitu, Inpex bisa melanjutkan pengembangan Blok Masela ke tahapan Front End Engineering Design (FEED) atau desain detail rekayasa berdasarkan revisi PoD.

(Baca: Surat Perpanjangan Kontrak Blok Masela Akan Diteken Akhir Juni)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait