Pemerintah Promosikan Tujuh Blok Migas ke Perusahaan Asing

Image title
13 Juni 2019, 17:34
blok migas
Katadata
Ilustrasi, Pemerintah menawarkan tujuh blok migas ke perusahaan migas internasional demi meningkatkan minat investasi hulu migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berusaha meningkatkan minat investasi hulu migas Indonesia. Salah satu caranya dengan menawarkan langsung blok migas kepada beberapa perusahaan migas asing.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto mengatakan pemerintah telah berkunjung ke kantor pusat Mubadala, Eni, Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (Kufpec), dan Petronas untuk menawarkan tujuh blok migas. Jika ada blok migas yang menarik bagi perusahaan tersebut, maka pemerintah akan  memasukkan blok tersebut dalam lelang wilayah kerja (WK) migas tahap III 2019.

Djoko berharap cara ini ampuh meningkatkan antusias perusahaan migas dalam mengikuti lelang wk migas yang digelar oleh pemerintah. "Kalau mereka tertarik kita lelang. Tapi nanti kita lihat atensi dari tujuh itu yang mana, baru kita lelang," ujar Djoko pada Rabu (12/6).

Sejauh ini sudah ada dua hingga tiga blok migas yang dianggap cukup menarik bagi perusahaan migas tersebut. Blok migas tersebut berada di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Indonesia bagian timur.

(Baca: Kufpec Berniat Tambah Portofolio Blok Migas di Indonesia)

Selain promosi langsung ke perusahaan migas internasional, pemerintah juga berencana untuk segera menerbitkan revisi Peraturan Menteri (Permen) terkait keterbukaan data migas. Revisi aturan ini diharapkan dapat membantu investor dalam melihat potensi cadangan migas di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...