Permintaan Melemah, Harga Minyak Indonesia pada Mei Turun Jadi US$ 68

Image title
11 Juni 2019, 14:44
harga minyak indonesia
KATADATA
Ilustrasi, harga minyak Indonesia turun tipis menjadi US$ 68,07/Barel karena penurunan pemrintaan minyak mentah global

Tim Harga Minyak Indonesia mencatat harga minyak Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) Mei 2019 sebesar US$ 68,07/barel. ICP Mei 2019 turun tipis US$ 0,24/barel dari ICP April sebesar US$ 68,31/barel.

ICP  Sumatran Light Crude (SLC) Mei 2019 juga turun sebesar US$ 0,39/barel menjadi US$ 69,05/barel dari bulan sebelumnya yang mencapai US$ 69,44/barel. Turunnya ICP Mei sejalan dengan turunnya harga minyak mentah di pasar internasional.

Advertisement

Penurunannya terjadi karena permintaan minyak mentah global menurun sebesar 0,2 juta barel per hari dibandingkan proyeksi International Energy Agency (IEA) periode Mei 2019.

Salah satu faktor turunnya permintaan minyak mentah adalah perang dagang AS-China yang terus berlangsung. "Perang dagang AS-China yang berkepanjangan akan memperlemah perekonomian global dan berujung pada penurunan permintaan minyak mentah global,” lanjut Tim Harga Minyak Indonesia seperti dikutip dari website resmi Ditjen Migas pada Selasa (11/6).

Ditambah lagi dengan kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang memberlakukan tarif sebesar 5% atas impor dari Meksiko.  Padahal Meksiko merupakan salah satu mitra dagang dan pemasok utama minyak mentah AS. Kebijakan tersebut pun menimbulkan kekhawatiran pasar terhadap penurunan permintaan minyak mentah AS.

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement