Wiranto: Mudik 2019 Lebih Baik dari Tahun Lalu

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2019, 16:36
mudik lebaran 2019, wiranto
ANTARA FOTO/AGUS
Ilustrasi, pemerintah mengklaim mudik 2019 lebih baik dari 2018 karena jumlah kecelakaan dan korban meninggal menurun dibanding tahun lalu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengklaim mudik Idul Fitri 2019 lebih baik dari tahun lalu. Sebab, angka kecelakaan dan korban meninggal pada arus mudik tahun ini relatif berkurang ketimbang tahun lalu.

Hal ini disampaikan Wiranto saat membuka rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Senin (10/6). Wiranto mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas pada mudik tahun ini sebanyak 529 atau menyusut dari 1.491 kecelakaan yang terjadi pada mudik tahun lalu.

Advertisement

Jumlah korban meninggal pada mudik tahun ini juga turun ketimbang mudik 2018. "Korban kecelakaan meninggal tahun lalu 331 orang, termasuk yang paling parah di Danau Toba. Tahun ini, walau sedih karena masih ada yang meninggal, tapi sudah menyusut menjadi 132 orang,"ujar Wiranto pada Senin (10/6).

Namun, adanya pemudik yang meninggal dunia tetap menjadi perhatian pemerintah. Wiranto memastikan jajarannya akan terus mengevaluasi pelaksanaan mudik sehingga jumlah korban jiwa bisa terus ditekan di masa depan. "Kalau bisa jangan sampai ada korban," katanya.

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Imran Rasyid sempat menjelaskan penurunan angka kecelakaan selama mudik tahun ini merupakan dampak dari kebijakan lalu lintas berupa one way dan contraflow. Kebijakan tersebut dianggap mampu membuat arus lalu lintas menjadi lebih aman dan terkendali. "Khususnya pada puncak periode mudik," kata Imran  kemarin.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement