Harga Tiket Pesawat Naik Cukup Tinggi Selama Libur Lebaran

Rizky Alika
7 Juni 2019, 15:00
tiket pesawat
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi, harga tiket pesawat mengalami kenaikan signifikan selama libur Lebaran 2019

Kenaikan harga tiket pesawat domestik terus terjadi selama libur Lebaran. Bahkan harga tiket pesawat masih cukup tinggi setelah puncak arus mudik.

Hal ini dialami oleh Ari Dewanti (55 tahun) yang membeli tiket rute Jakarta-Surabaya seharga Rp 730 ribu dengan maskapai Air Asia untuk jadwal penerbangan Jumat (7/6) siang. Padahal harga tiket pesawat rute Jakarta-Surabaya biasanya berkisar Rp 500 ribu.

Advertisement

Sedangkan jika menggunakan maskapai Lion Air dengan rute yang sama, harga tiket pesawat yang dipatok mencapai Rp 1,4 juta. Tidak jauh berbeda dengan harga tiket pesawat Garuda Indonesia yang berkisar Rp 1 juta.

"Hampir 70% kenaikannya dari harga normal," kata dia kepada katadata.co.id, Jumat (7/6). (Baca: Musim Mudik, Jumlah Penumpang Pesawat Turun karena Dua Hal)

Ari mengatakan jadwal penerbangan yang dipilih telah melewati puncak arus mudik. Namun harga tiket pesawat tidak mengalami perubahan bahkan ketika dipesan dari jauh-jauh hari hingga mendekati hari keberangkatan.

Astrid Yuliandini (25 tahun) juga merasakan tingginya harga tiket pesawat. Astrid mudik dengan rute Bandung-Pekanbaru pada Minggu (1/6) menggunakan maskapai low cost carrier, Lion Air, dengan harga tiket Rp 1,7 juta. Harga tersebut belum termasuk biaya tambahan bagasi.

Padahal pada libur Idul Fitri tahun lalu, biaya yang dia habiskan untuk berangkat ke Pekanbaru hanya sebesar Rp 1,3 juta dengan maskapai full service, seperti Batik Air. Harga tersebut telah mencakup fasilitas bagasi gratis.

(Baca: Tiket Mahal, Kunjungan Wisatawan Domestik ke Bali Turun 12%)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement