Kerusuhan di Tanah Abang, #TangkapPrabowo Jadi Trending Topik Dunia

Demonstrasi yang diikuti aksi massa di wilayah Petamburan pada Rabu (22/5) dini hari membuat netizen ramai berkomentar dengan tagar #TangkapPrabowo.
Cindy Mutia Annur
22 Mei 2019, 09:44
Tagar Tangkap Prabowo Jadi Trending Topik Dunia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasca demostrasi dan kerusuhan di Petamburan, Jakarta membuat tarar #TangkapPrabowo menjadi trending topic dunia

Demonstrasi massa di beberapa titik sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sejak siang hingga aksi massa di wilayah Petamburan dan Tanah Abang, Jakarta, pada dini hari (22/5) membuat netizen ramai berkomentar di media sosial Twitter diikuti dengan tagar #TangkapPrabowo. Hingga pukul 09.00 WIB, tagar #TangkapPrabowo sukses menduduki peringkat ketujuh trending topic dunia.

Sementara di Indonesia, tagar #TangkapPrabowo menjadi trending topic nomor satu. Hingga kini tagar #TangkapPrabowo tercatat memiliki 114 ribu cuitan.

Mayoritas netizen mengungkapkan kekecewaannya terhadap calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto yang dinilai tidak suportif atas kekalahannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dia juga dianggap membuat gaduh dengan membiarkan para pendukungnya membuat aksi demonstrasi yang berakhir ricuh hingga merugikan masyarakat.

(Baca: Aksi Demonstrasi di Bawaslu Berujung Rusuh di Beberapa Titik Jakarta)

Advertisement

Beberapa netizen pun mengunggah gambar tangkapan layar berisi pemberitaan mengenai aksi demonstrasi yang berujung rusuh tersebut. “Seseorang bisa beri tahu saya, jika mereka sebut itu ‘Aksi Damai’, tetapi mengapa pria ini menggunakan helm? #TangkapPrabowo,” ujar akun @justinwificode. Ia mengomentari gambar salah seorang reporter televisi yang menggunakan helm saat melakukan live report di lokasi demonstrasi kemarin malam.

Sementara itu, akun @fleurlovinc juga mengirimkan cuitannya dengan perasaan kecewa saat terbangun dan melihat pemberitaan demonstrasi yang berujung ricuh di media massa. Ia mengatakan bahwa seharusnya Prabowo meminta pendukungnya untuk tetap mendukungnya bukan malah membual bahwa seharusnya ia yang memenangkan Pilpres 2019.

“Dengan segala hormat, Tuan, Anda hanyalah orang yang sombong untuk memberi ego Anda sendiri. Ini terjadi karena Anda. Indonesia tidak membutuhkan Anda. #TangkapPrabowo,” ujarnya.

(Baca: Asrama Brimob dan Markas Polisi Jadi Sasaran Amuk Massa)

Selain mengungkapkan rasa kecewa, ada pula netizen yang membuat lelucon dengan gambar meme Prabowo dan Presiden 2019 terpilih Joko Widodo. Akun @Yourfajar_ dengan kreatifnya membuat meme adegan Iron Man saat menjentikkan jari di depan Thanos dalam film Avengers Endgame.

Ia mengganti wajah Iron Man dengan wajah Jokowi dan wajah Thanos dengan wajah Prabowo. Usai Jokowi menjentikkan jarinya, gambar tersebut menunjukkan Prabowo beserta pengikutnya pun hilang. “And I am Jokowi #JokowiAminSudahMenang #TangkapPrabowo,” ujar akun tersebut.

Di samping tagar tersebut, beberapa tagar lainnya terkait hasil Pilpres dan aksi demonstrasi tersebut juga menjadi trending topik di Indonesia. Tercatat hingga pukul 09.00 WIB tagar #saveindonesia dengan 17 ribu cuita, tagar #MahkamahKedaulatanRakyat dengan 94,8 ribu cuitan, dan #DukungPRABOWO dengan 37,2 ribu cuitan.

Selain tagar, beberapa topik yang menjadi trending di Indonesia adalah People Power dengan 65 ribu cuitan, Tanah Abang sebanyak 27,3 ribu cuitan, dan Cebong 13,6 ribu cuitan. Lalu ada Jakarta dengan 102 ribu cuitan, Sandi 55 ribu cuitan, dan sebagainya.

(Baca: Bertahan 7 Jam, Massa Demonstran Pemilu akan Kepung Lagi Bawaslu Besok)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait