Belum Ada IMB, Onstream Lapangan Kedung Keris Terancam Molor

Image title
30 April 2019, 17:18
proyek kedung keris, exxonmobil cepu limited, skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, Fasilitas Pengolahan Minyak Blok Cepu

Proyek Lapangan Kedung Keris, Blok Cepu, ternyata mengalami kendala. Deputi Operasional Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Fatar Yani, menyebut ExxonMobil belum mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk proyek Kedung Keris dari Bupati Bojonegoro

"Untuk isu terkini, sedang menunggu persetujuan IMB dari Bupati Bojonegoro, dan sedang membahas masterlist dengan Dirjen Migas," ujar Fatar saat dihubungi Katadata.co.id Senin, (29/4) malam.

Advertisement

Maka tidak heran jika pengerjaan proyek Lapangan Kedung Keris baru mencapai 26%. Fatar menyebut pengerjaan proyek baru tahap clearing, grading, stringing dan welding pipa.

Padahal SKK Migas menargetkan proyek Kedung Keris bisa onstream pada Desember 2019. Namun jika IMB tidak juga segera terbit, maka onstream proyek ini dipastikan molor.

"Pasti mempengaruhi pengerjaan proyek, kan tidak bisa membangun," ujar Fatar.

Biarpun begitu, Fatar bilang target produksi minyak dari Blok Cepu tahun ini sebesar 216 ribu barel per hari (bopd) tidak akan terganggu."Oh tidak ada pengaruhnya, karena dari eksisting ternyata masih bagus kinerja reservoir-nya,"kata Fatar.

(Baca: ExxonMobil dan BP Berau Penyumbang Lifting Migas Terbesar Kuartal I)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement