Garuda Tetap Layani Penerbangan Domestik Meski Mudik Lebaran Dilarang

Image title
24 April 2020, 17:35
garuda indonesia, penerbangan, mudik lebaran
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, pesawat Garuda Indonesia. Garuda Indonesia akan menghentikan sementara rute penerbangan domestik dalam wilayah PSBB mulai Sabtu (25/4) pukul 00.00 waktu lokal.

PT Garuda Indonesia Tbk tetap melayani penerbangan domestik meski pemerintah melarang mudik LebaranBUMN itu menegaskan hanya beroperasi di rute yang tidak memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah Covid-19.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan rute penerbangan domestik yang masuk dalam PSBB dan zona merah Covid-19 tetap beroperasi hingga Jumat, (24/4) pukul 23.29 waktu setempat. Penerbangan akan diawasi penuh oleh aparatur kebandarudaraan.

Hal itu dilaksanakan sebagai masa sosialisasi atas implementasi larangan mudik. Namun, rute-rute penerbangan tersebut akan berhenti sementara mulai Sabtu (25/4) pukul 00.00 waktu lokal.

Ada delapan wilayah operasional Garuda Indonesia yang memberlakukan PSBB yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Sumatera Barat, Banjarmasin, dan Tarakan.

Dia pun meminta calon penumpang yang berencana terbang ke rute-rute di wilayah PSBB dan zona merah untuk menyesuaikan rencana penerbangan. Garuda Indonesia akan memberlakukan kebijakan pembebasan biaya administrasi dalam prosedur penyesuaian rencana penerbangan.

Hal itu berlaku untuk mekanisme reroute dan reschedule. Garuda akan memberikan voucher tiket penerbangan sesuai ketentuan yang berlaku atau berupa poin keanggotaan GarudaMiles.

Mengingat jumlah permintaan yang sangat tinggi, Garuda Indonesia berusaha untuk memprioritaskan reservasi dengan tanggal penerbangan yang paling dekat. Berkaitan dengan hal tersebut, Garuda Indonesia menghimbau para penumpang dengan tanggal keberangkatan dalam waktu 48 jam ke depan untuk segera menghubungi call center

(Baca: Ketentuan Refund dalam Larangan Mudik, Tiket Pesawat Tak Diganti Tunai)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...